تطبيق نموذج التعليم " Team Games Tournament" في تعليم مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الحكومية 8 اغام
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa Mts 8 Agam terhadap pembelajaran bahasa Arab dan kesulitan yang dialami saat pembelajaran yang berkaitan dengan Maharah Kitabah. Latar belakang siswa yang berbeda-beda juga mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh setiap siswa. Selain itu, pembelajaran juga lebih sering menggunakan metode ceramah yang kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih kemampuannya yang berkaitan dengan Maharah Kitabah sehingga pembelajaran dirasa kurang optimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan siswa dan permasalahan yang dihadapinya serta memberikan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran, dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuan Maharah Kitabah dan mengatasi perbedaan latar belakang dan kemampuan siswa yang berkaitan dengan Maharah Kitabah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent control group design yang dilaksanakan di Mts N 8 Agam. Hasil penelitian ini adalah terdapat kesesuaian terkait permasalahan yang dihadapi siswa MTs Agam saat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) sebagai upaya mengatasi permasalahan dan meningkatkan minat serta hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab khususnya Maharah Kitabah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.