Application of Think-Pair-Share Method to Improve Speaking Skills of Elementary School Students

Main Article Content

Adinda Pratiwi
Erdiansyah Putra Mt
Maulidza Maulidza
Rieke Prastiwi
Rika Helmalia Putri
Syifa Salsabila
Juliati Juliati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Think-Pair-Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Metode TPS yang melibatkan tiga tahap utama yaitu berpikir secara individu (Think), berdiskusi dalam pasangan (Pair), dan berbagi hasil diskusi di depan kelas (Share), diharapkan dapat mengurangi kecemasan siswa dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berbicara di depan umum. Berdasarkan kajian literatur dari berbagai penelitian yang diterbitkan pada 2020 hingga 2025, ditemukan bahwa penerapan metode TPS secara signifikan dapat meningkatkan partisipasi aktif, keterampilan berbicara, dan kepercayaan diri siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa metode TPS tidak hanya efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara, tetapi juga dapat menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan mendukung pengembangan keterampilan sosial siswa di sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, A., Mt, E. P. ., Maulidza, M., Prastiwi, R. ., Putri, R. H. ., Salsabila, S. ., & Juliati, J. (2025). Application of Think-Pair-Share Method to Improve Speaking Skills of Elementary School Students. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(5), 1039–1045. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i5.553
Section
Articles