PENGARUH MODEL PBL ( PROJECT BASED LEARNING ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAJINAN DARI PLASTIK BEKAS KELAS IV SDN 14 PULAU PUNJUNG

Main Article Content

Ana Novitasari
Dhara Atika Putri
Della Anjelita

Abstract

 Latar belakang dari penilitian ini adalah.  hasil  belajar siswa kelas IV SDN 14 Pulau Punjung pada pelajaran Seni Rupa  materi Kerajian dari plastik bekas  upaya  untuk mengatasi  masalah tersebut adalah menerapkan Model PBL Project Basead  Learning  pada pelajaran seni rupa  tujuan dari penelitian ini adalah  untuk  mengetahui  pengaruh pbl terhadap hasil belajar siswa  kelas IV Sekolah dasar . 


penelitian ini menggunakan eksprimen metode  Quasi  exprimen  design menggunakan penelitian desain  penelitian postrest  only contro Design pada pelajaran seni rupa  tujuan penelitian. ini adalah untuk mengetahui  Pengaruh Model PBL  terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran seni rupa  di kelas IV sekolah Dasar. penelitian ini menggunkan metode  Quasi  exprimen  design menggunakan penelitian desain  penelitian postrest  only contro Design pada pelajaran seni rupa  tujuan penelitian. ini adalah untuk mengetahui  Pengaruh Model PBL  terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran seni rupa  di kelas IV sekolah Dasar


penelitian ini menggunkan. jenis eksprimen. motode Quasi  exprimen design menggunakan penilitian desain penelitian postrest only contro design  dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas IV SDN 14 Pulau Punjung yang berjumlah 21 siswa  sampel dalam penilitian. ini adalah total sampling teknik pengumpulan  data dilakukan. menggunkan lembar prestest dan postest. yang di hitung  dan di bandingkan berdasarkan  ia dan kriteria  serta dianalisis dengan uji normalitas uji hipotesis melalui SPSS 20 taraf signifikan 0.05  hasil anlisis data dari uji hipotesis pada paired sample rest dengan taraf signifikan 0,05 menujukan hasil sig( 2- tailed lebih kecil dari it atau dalam persamaan10.000 '0, 05 maka Ho di tolak berdasarkan hasil analisis dari data  observasi dan data tes , dapat di simpuljan bahwa pengaruh Model PBL  memiliki Pengaruh yang signitikan terhadap hasil. belajar siswa pada  pembelajaran seni rupa  kelas IV sekolah dasar

Article Details

How to Cite
Novitasari, A. ., Putri, D. A., & Anjelita, D. (2025). PENGARUH MODEL PBL ( PROJECT BASED LEARNING ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAJINAN DARI PLASTIK BEKAS KELAS IV SDN 14 PULAU PUNJUNG. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(7), 3405–3412. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i7.857
Section
Articles