PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Gingga Prananda

Abstract

SINOPSIS:


Buku ini menyajikan analisis mendalam tentang psikologi perkembangan anak usia sekolah dasar, dengan fokus utama pada perkembangan bahasa, emosi, sosial, dan intelektual. Penulis menjelaskan berbagai prinsip dan hukum perkembangan yang mendasari bagaimana anak-anak berkembang dalam aspek-aspek tersebut, serta bagaimana faktor-faktor eksternal, seperti keluarga, lingkungan sosial, dan pendidikan, mempengaruhi perkembangan mereka. Dengan mengacu pada teori-teori psikologi perkembangan, buku ini mengidentifikasi tahapan perkembangan yang dialami anak-anak di usia sekolah dasar, serta perbedaan individu yang berperan penting dalam pembelajaran, seperti perbedaan gender dan gaya belajar. Buku ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh pendidik dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak, serta memberikan panduan praktis tentang bagaimana kurikulum dan metode pengajaran seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan anak. Penulis menekankan pentingnya peran orang tua dan pendidik dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan intelektual, emosional, sosial, dan bakat anak-anak secara seimbang. Dengan demikian, buku ini memberikan wawasan yang penting bagi para pendidik dan orang tua dalam menciptakan pendekatan pendidikan yang holistik dan efektif untuk anak usia sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Prananda, G. (2024). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SISWA SEKOLAH DASAR . TOFEDU: The Future of Education Journal. Retrieved from https://journal.tofedu.or.id/index.php/journal/article/view/951
Issue
Section
Articles